sugeng rawuh kagem semuanya... mugi mugi tansah pinaringan seger kuarasan kagem sadoyo kemawon....

Selasa, 24 Agustus 2010

BELAJAR MELALUI INTERNET

BELAJAR MELALUI INTERNET

Belajar tidak hanya bisa kita dapatkan melalui kegiatan dibangku sekolah, banyak cara menuju sukses itu kata Ian Aditya (http://edukasi.kompasiana.com/2010/05/07/banyak-cara-untuk-menuju-sukses/), banyak jalan menuju surga itu juga ada (http://id-id.facebook.com/pages/Banyak-Jalan-Menuju-Surga/102266649808716) tetapi dalam mencari ilmu itu banyak sekali jalannya. Melalui berinternet belajar dapat menjadi sesuatu hal yang menyenangkan . cara belajar dari internet dapat diperoleh melalui berbagai bentuk permainan yang menghibur dan menyenangkan.
Dengan media internet ini kita dapat mempelajari berbagai ilmu pengetahuan, mulai dari pengetahuan umum sampai ilmu pengetahuan yang jarang kita dapatkan dibangku sekolah.. kita tinggal pilih ilmu pengetahuan apa yang akan kita pelajari.

Tetapi tidak semua informasi yang akan kita dapatkan itu kita terima begitu saja.


Sekedar intermezzo:

DEFENISI Ilmu Pengetahuan
a. Sekumpulan proposisi sistematis yang terkandung dalam pernyataan-pernyataan yang benar dengan ciri     pokok yang bersifat general, rational, objektif, mampu diuji kebenarannya (verifikasi objektif), dan mampu menjadi milik umum (Communality, The Liang Gie, 1991).
b. Pengetahuan yang diatur secara sistematis dan langkah- langkah pencapaiannya dipertanggung-jawabkan secara teoritis (C, Verhaak).
c. Masih banyak definisi lain (lihat di halaman selanjutnya).
d. Kumpulan pengetahuan yang benar :
- Mempunyai obyek dan tujuan
- Disusun secara sistematik,
- Berkembang dengan metode ilmiah,
- Berlaku universal dan dapat diuji kebenarannya (diverifikasi).


Beberapa definisi ilmu pengetahuan (science) dapat bermacam-macam yaitu :
J. Haberer 1972 : Suatu hasil aktivitas manusia yang merupakan kumpulan teori, metode dan praktek dan    menjadi pranata dalam masyarakat.

J.D. Bernal 1977 : Suatu pranata atau metode yang membentuk keyakinan mengenai alam semesta dan manusia.

E. Cantote 1977 : Suatu hasil aktivitas manusia yang mempunyai makna dan metode.1977 -1992

E.F. Schumacher : The perfections of science are purely practical-the objective practical the objective, i.e. independent of character and interests of the operator, measurable, recordable and repeatable.

Prof. Burr : Like the fields of physics, sciences are part of the organization of the universe and are influenced by the fast forces of space .

Cambridge-Dictionary 1995 : Ilmu Pengetahuan adalah kumpulan pengetahuan yang benar, mempunyai objek dan tujuan tertentu dengan sistim, met ode untuk berkembang serta berlaku universal yang dapat diuji kebenarannya.


Tujuan Ilmu - mencari kebenaran ilmu tertentu secara ilmiah
Sistem Ilmu
Sistem = Bagian-bagian atau elemen-elemen yang berfungsi saling erkaitan/interrelated untuk mewujudkan fungsi organ/ institusi/ilmu secara menyeluruh:

Sifat Ilmu Pengetahuan
Logis atau masuk akal, yaitu sesuai dengan logika atau aturan berpikir yang ditetapkan dalam cabang ilmu pengetahuan yang bersangkutan. Definisi, aturan, inferensi induktif, probabilitas, kalkulus, dll. merupakan bentuk logika yang menjadi landasan ilmu pengetahuan. Logika dalam ilmu pengetahuan adalah definitif. Obyektif atau sesuai dengan fakta. Fakta adalah informasi yang diperoleh dari pengamatan atau penalaran fenomena.
Obyektif dalam ilmu pengetahuan berkenaan dengan sikap yang tidak tergantung pada suasana hati, prasangka atau pertimbangan nilai pribadi. Atribut obyektif mengandung arti bahwa kebenaran ditentukan oleh pengujian secara terbuka yang dilakukan dari pengamatan dan penalaran fenomena.
Sistematis yaitu adanya konsistensi dan keteraturan internal. Kedewasaan ilmu pengetahuan dicerminkan oleh adanya keteraturan internal dalam teori, hukum, prinsip dan metodenya. Konsistensi internal dapat berubah dengan adanya penemuan-penemuan baru. Sifat dinamis ini tidak boleh menghasilkan kontradiksi pada azas teori ilmu pengetahuan.
Andal yaitu dapat diuji kembali secara terbuka menurut persyaratan yang ditentukan dengan hasil yang dapat diandalkan. Ilmu pengetahuan bersifat umum, terbuka dan universal.
Dirancang. Ilmu pengetahuan tidak berkembang dengan sendirinya. Ilmu pengetahuan dikembangkan menurut suatu rancangan yang menerapkan metode ilmiah. Rancangan ini akan menentukan mutu keluaran ilmu pengetahuan.
Akumulatif. Ilmu pengetahuan merupakan himpunan fakta, teori, hukum, dll. yang terkumpul sedikit demi sedikit. Apabila ada kaedah yang salah, maka kaedah itu akan diganti dengan kaedah yang benar. Kebenaran ilmu bersifat relatif dan temporal, tidak pernah mutlak dan final, sehingga dengan demikian ilmu pengetahuan bersifat dinamis dan terbuka.

bersambung...

Source: www.isekolah.org/file/h_1090893723.doc
            Internet asyik untuk anak
            www.unhas.ac.id/rhiza/arsip/mystudents/.../Bab%204%20Sugianto.pp

0 komentar:

Posting Komentar